Laporan Hasil Analisis Kepuasan Dosen di Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA Unesa 2024

Survei kepuasan pelanggan adalah salah satu cara untuk mengukur seberapa baik pelayanan yang diberikan Unesa berdasarkan angket yang diisi oleh dosen S2 Pendidikan Matematika. Survei ini mengadopsi metode SERVQUAL dengan lima dimensi, yakni reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible. Survei ini menggunakan pendekatan cross-sectional di mana partisipan mengisi instrumen survei secara daring melalui Single Sign On Unesa. Sasaran dalam survei ini adalah dosen Unesa, dalam ringkasan ini hanya diolah untuk responden mahasiswa dari Prodi S2 Pendidikan Matematika FMIPA UNESA. Survei dilakukan pada akhir tahun 2024 dan sebanyak 5 dosen mengisi survei kepuasan. Metode Importance-Performance Analysis, Gap Analysis, Paired Difference Test, dan Tingkat Kepuasan Pengguna digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data dari survei kepuasan mahasiswa Prodi S2 Pendidikan Matematika tahun 2024 diperoleh hasil, yakni:
a. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Harapan dan Kenyataan berdasarkan hasil uji Wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95% (Z = -1,461, p = 0,144);
b. Namun berdasarkan analisis gap ditemukan bahwa terdapat gap yang cukup besar yakni sebesar -0,60 yaitu pada variabel keterlibatan dosen dalam penyusunan Rencana Bisnis Anggaran (P14) yang memiliki tingkat kesesuaian dengan harapan dosen sebesar 78.57 %, ketepatan pencairan gaji, sertifikasi dosen, dan remunerasi (P13) dengan 80%, serta kemudahan layanan manajemen dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi (P3) dengan 81.25%. Variabel-variabel ini dimaknai belum bisa memenuhi kepuasan berdasarkan perspektif dosen.
c. Di sisi lain, terdapat beberapa aspek yang memiliki gap negatif terkecil, yang berarti sudah cukup memenuhi harapan pengguna dan perlu dipertahankan. Dimensi Tangible (Transparan) dan Reliability (Kredibilitas) memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dimensi lainnya. Aspek yang memiliki gap 0,00, yang berarti sudah sesuai dengan harapan, adalah: kecukupan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendukung Tridarma (P11) (0,00); ketersediaan layanan tridarma, administrasi, dan layanan informasi secara online maupun offline (P2) (0,00); dan kesesuaian output PKM dengan kebutuhan masyarakat (P21) (0,00).
d. Sudah tidak ditemukan indikator pada kuadran I. Ini menunjukkan bahwa tidak ada faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi kepuasan konsumen dan termasuk unsur-unsur jasa yang dianggap sangat penting bagi konsumen yang penyedia pelayanan belum melaksanakannya sesuai dengan keinginan konsumen. Hasil ini menunjukkan tidak ada variabel yang perlu menjadi perhatian secara serius. Namun demikian, prioritas utama perbaikan sebaiknya difokuskan pada peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pencairan dana, remunerasi, serta penyusunan kebijakan anggaran. Selain itu, responsivitas layanan administrasi dan evaluasi penelitian juga perlu ditingkatkan agar lebih cepat dan transparan.
e. Secara umum, tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan yang dirasakan oleh para dosen selaku responden adalah sebesar 92,26%.
Link Laporan Hasil Survey Kepuasan Dosen S2 Pendidikan Matematika Tahun 2024